Cara Mengubah PDF Ke Word Tanpa Harus Install Aplikasi

Masih banyak orang yang kebingungan untuk mengubah format PDF ke Word. Padahal, caranya sangat mudah meskipun dilakukan oleh orang awam sekalipun. Lantas, bagaimana cara mengubah PDF ke Word tersebut?

Faktanya, file PDF tersebar di mana-mana. Hampir sebagian besar dokumen atau Ebook yang tersebar di Internet menggunakan format PDF.

Sebagian orang yang mendapati sumber ini tidak lantas menggunakannya dalam bentuk tersebut. Alasannya, pengguna lebih suka dengan format Word.

Pemilihan format ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk mengeditnya. Secara, format Word lebih memungkinkan untuk diedit ketimbang yang sudah berbentuk PDF.

Jika ini yang Anda cari, Anda tepat berada di sini, Kami akan membagikan tentang cara mengubah PDF ke Word. Tentunya, Anda tidak perlu menginstall software ke dalam komputer. Berikut ini alternatif yang dapat Anda gunakan.

Convert Langsung Melalui Sistem di Windows

Sebenarnya, Windows sendiri sudah mampu untuk mengubah berbagai format penulisan secara otomatis. Fungsi ini pun lebih mudah dijalankan.

Orang yang baru menguasai pengoperasian komputer pun dapat melakukannya. Artinya, Anda tidak perlu kebingungan dengan menginstall aplikasi segala.

Untuk menerapkannya, Anda hanya perlu menyeleksi file PDF yang ingin diubah ke Word. Silahkan tempatkan di lokasi yang mudah ditemukan.

Anda dapat membuat folder baru. Tempatkan ke dalam folder. Nantinya, hasil pengubahan dokumen bisa diletakkan persis di folder tersebut.

Jika sudah, mari eksekusi. Langkahnya dimulai dengan klik kanan pada file PDF. Di sini, Anda akan menemukan sejumlah menu yang memiliki fungsi berbeda.

Anda hanya perlu menyorot menu open with. Kemudian, pilih Word. Ini berarti bahwa Anda memerintahkan sistem untuk membuka file pdf ke dalam mode Word.

Setelah itu, muncul jendela yang meminta Anda untuk melanjutkan atau membatalkannya. Karena Anda ingin membukanya dalam file Word, maka cukup tekan menu OK.

Sistem akan mengubah file PDF menjadi Word. Proses pengubahan ini akan berlangsung. Mengenai lama tidaknya proses pengubahan ini tergantung pada ukuran file PDF.

Jika ukurannya besar, prosesnya akan memakan waktu cukup lama. Sebaliknya jika kecil dan berisi beberapa lembar kerja saja, waktunya akan lebih singkat.

Setelah terbuka dalam versi Word, Anda hanya perlu menyimpannya. Silahkan pilih File pada pojok kiri atas.

Kemudian, pilih opsi Save AS/Save saja dengan format Word. Pada kolom penyimpanan, ketik nama file yang diinginkan. Atau, cukup sesuaikan dengan nama yang direkomendasikan. Kemudian, tekan OK untuk menyimpannya.

Convert PDF secara Online

Jika Anda sedang memiliki koneksi internet, Anda pun dapat memanfaatkan layanan convert PDF to Word secara online. Layanan ini pun sudah tersedia dalam versi gratis.

Anda hanya perlu mengunggah file PDF yang ingin diconvert. Jika sudah terunggah, tinggal lakukan convert sesuai instruksi.

Layanan online akan segera memproses sesuai keinginan. Biasanya, prosesnya jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan cara manual di atas.

Setelah file berubah menjadi Word, Anda tinggal mengunduhnya. Pada layanan tersebut, cukup ketuk tombol unduh. Maka, file akan terunduh dan tersimpan dalam perangkat komputer/laptop.

Selain metode di atas, masih ada metode untuk mengubah file tersebut. Contohnya menggunakan layanan Google Docs atau pun menggunakan aplikasi seperti Adobe Acrobat Pro.

Itulah beberapa cara mengubah PDF ke Word yang bisa ditempuh tanpa harus menginstall aplikasi ke dalam laptop. Atau jika ingin lebih efisien untuk dalam mengubah file hingga mengembalikannya secara offline, pastikan untuk menginstall aplikasi seperti yang disarankan oleh neotekno.