Contoh Artikel Ilmiah Populer dan Strukturnya

Ada banyak ilmu pengetahuan yang dapat dieksplor di dunia ini. Oleh karena itulah topik yang dapat diangkat menjadi artikel ilmiah pun sangat banyak. Contoh artikel ilmiah populer antara lain artikel ilmiah tentang dampak internet terhadap perkembangan remaja dan pendidikan karakter.

Struktur Artikel Ilmiah yang Benar

Membaca contohnya secara langsung memang dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang jenis artikel yang satu ini. Namun sebelum itu, Anda perlu tahu terlebih dahulu tentang struktur artikel ilmiah.

  1. Judul

Bagian paling awal dari artikel ilmiah adalah judul. Tidak seperti judul karya sastra yang tidak boleh terlalu menggambarkan isi cerita, judul pada karya ilmiah justru harus mampu merangkum keseluruhan isi artikel ilmiah.

  1. Baris kepemilikan

Pada dasarnya, artikel ilmiah merupakan hasil dari suatu penelitian. Oleh karena itulah artikel ilmiah biasanya memiliki bagian yang disebut baris kepemilikan, yaitu bagian yang menunjukkan hak kepemilikan (biasanya merupakan lembaga atau instansi tempat dilakukannya kegiatan penelitian).

  1. Abstrak

Abstrak adalah bagian dari artikel ilmiah yang merupakan ringkasan dari artikel ilmiah, yaitu bagian yang mengandung keseluruhan isi artikel ilmiah mulai dari pokok masalah, tujuan penelitian, metode penelitian yang digunakan, temuan penting dalam penelitian, dan simpulan.

  1. Kata kunci

Kata kunci adalah bagian artikel ilmiah yang letaknya di bawah abstrak yang berupa pilihan kata. Fungsinya adalah sebagai sarana untuk mempermudah pembaca dalam mencari artikel dengan bahasan serupa dengan permasalahan artikel ilmiah tersebut.

  1. Pendahuluan

Pendahuluan berisi tentang masalah yang menjadi latar belakang dilakukannya penelitian. Biasanya, penulis artikel ilmiah memasukkan teori yang relevan dengan masalah yang ingin dibahas.

Selain itu, penulis juga biasanya memasukkan argumentasinya di dalam pendahuluan, yaitu argumentasi yang berhubungan dengan masalah yang ingin diselesaikan.

  1. Metode

Metode memaparkan garis besar rancangan penelitian, data dan sumber data, serta cara penulis artikel ilmiah dalam mengumpulkan data, teknik analisis data, teknik pengambilan data, data dan sumber data, serta validitas data. Dengan kata lain, bagaimana peneliti melakukan proses kerja dalam penelitiannya.

  1. Hasil dan pembahasan

Hasil dan pembahasan adalah bagian khusus untuk memaparkan tentang data-data yang didapatkan serta hasil dari penelitian. Meski begitu, data-data ini harus disajikan dengan jelas, singkat dan menarik melalui grafik, tabel, diagram, gambar, dan sebagainya. Di bagian inilah hasil analisis data dimuat.

Dengan kata lain, bukan data mentah yang disajikan melainkan data yang sudah diolah. Hasil analisis data kemudian dibahas dengan cara membandingkannya dengan teori maupun hasil penelitian sebelumnya yang masih relevan.

  1. Simpulan dan saran

Simpulan dan saran memuat pernyataan singkat yang merangkum hasil dan pembahasan, tetapi bukan dengan menulis ulang hasil dan pembahasan. Isi simpulan dan saran adalah makna atau hal yang ditemukan dari hasil penelitian dan merupakan jawaban dari permasalahan penelitian.

  1. Daftar pustaka

Daftar pustaka atau daftar rujukan merupakan kumpulan dari referensi yang digunakan untuk membuat artikel ilmiah. Daftar pustaka harus ditulis sesuai dengan pedoman setiap jurnal. Pasalnya, setiap jurnal bisa memiliki gaya penulisan daftar pustaka yang berbeda.

Setelah mengetahui tentang struktur artikel ilmiah, Anda pun tidak akan bingung saat membaca contoh artikel ilmiah populer. Dengan semakin luasnya penggunaan internet, contoh artikelapa pun jenisnya dapat dicari dengan mudah.

Dari membaca contoh artikel, Anda pun akan dapat mengenali jenis-jenis artikel.