Cara Meredakan Sesak Nafas Secara Alami

Sesak napas merupakan gejala dari banyak penyebab penyakit lain yang bisa tidak berbahaya dan bisa berbahaya. Sesak napas juga seringkali disertai dengan gejala yang berbeda karena perbedaan penyebabnya. Lantas adakah cara cara meredakan sesak nafas secara alami di rumah untuk mengatasi gejala ini?

1. Dorong dada ke depan

Duduk dengan posisi dada ke depan bisa membantu meredakan sesak napas dengan sangat baik. Untuk melakukan tindakan ini, kamu bisa duduk dengan posisi punggung lurus, lalu dorong dada ke depan dan letakkan tangan di paha dan rilekskan bahu. Metode ini merupakan gerakan yang membantu dada rileks, sehingga fungsi paru-paru juga akan meningkat dengan signifikan.

2. Lakukan Napas dalam-dalam

Pertama, kamu harus berbaring di permukaan yang rata, letakkan tangan di bagian perut, lalu tarik napas dari hidung, sampai udara terasa masuk sampai ke perut agar udara bisa masuk ke paru-paru dengan maksimal.

Tahan nafas selama beberapa detik lalu hembuskan perlahan melalui mulut. Ulangi metode pernafasan dalam ini selama sekitar 10 menit, mempraktekannya setiap hari akan membantu kamu untuk mencegah sesak napas datang lagi.

3. Sauna hidung

Kamu ambil semangkuk air panas dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint ke dalam mangkuk dan turunkan wajah kamu dekat dengan mangkuk pada jarak yang cukup sehingga wajah tidak akan terasa panas dan terbakar, lalu kamu tarik napas dalam-dalam agar uapnya naik dari mangkuk ke hidung dan buang napas.

4. Lakukan Pernapasan melalui mulut

Kamu harus duduk tegak di kursi, usahakan bahu rileks, mulut dibuat mengerucut, tetapi ingat untuk membuat celah kecil di antara bibir saat mengerucutkan mulut. Selanjutnya, kamu gunakan hidung untuk menarik napas selama beberapa detik dan kemudian kamu bernapas perlahan melalui mulut. Ulangi metode pernafasan ini selama sekitar 10 menit untuk dapat meredakan sesak napas.