5 Fakta Burung Merpati Yang Unik

Burung merpati sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia. Pasalnya banyak yang memelihara burung ini, diternakan atau hanya dijadikan hewan peliharaan biasa dan untuk hewan balap.

Burung merpati tersebar di berbagai wilayah di dunia. Namun sebagian besar spesies burung ini tinggal di Indonesia. Maka tak heran kalau dalam keseharian kita sering menjumpai burung unik ini.

Sekilas tidak ada yang aneh dari burung berukuran sedang ini. Namun ternyata, ada banyak fakta burung merpati yang cukup mengejutkan. Burung ini punya hal spesial dari simbol kesetiaan pasangan, hewan kuat dan hewan cerdas serta unik.

Bahkan burung merpati di masa lalu banyak dimanfaatkan oleh kalangan militer utamanya ketika terjadi perang dunia satu dan dunia. Dimana sarana dan alat komunikasi belum secanggih saat ini.

Saat itu, banyak negara negara yang terlibat perang menggunakan burung merpati untuk mengirim pesan yakni membawa surat atau dikenal dengan merpati pos.

Tak tanggung tanggung, burung merpati dapat membawa surat hingga menempuh jarak puluhan kilometer meninggalkan sarang. Salah satu fakta sejarah, bahwa pernah ratusan tentara amerika terlantar saat terjadi perang dunia pertama. Mereka lalu mengirim surat minta bantuan dengan menggunakan burung merpati. Akhirnya tentara tentara itu berhasil dievakuasi.

Nah berikut ini selengkapnya fakta burung merpati yang perlu kamu ketahui yang kami kutip dari Faunanesia.

1. Fakta burung merpati bisa temukan sarangnya dengan akurat

Sejak dulu burung merpati dimanfaatkan sebagai pengantar surat atau pesan bahkan hingga puluhan kilometer mereka keluar dari sarang mengirim pesan.

Tapi yang luar biasa. Burung merpati itu dapat kembali ke sarangnya dengan jitu, tidak nyasar. Ini adalah kemampuan luar biasa. Ada yang mengatakan kemampuan ini karena dilatih.

2. Fakta Burung merpati hasilkan susu palsu

Cuma spesies mamalia yang dapat hasilkan susu dan susui anaknya. Namun fakta burung merpati dapat hasilkan susu palsu buat anak anaknya.

Diduga susu itu dari tanaman yang mereka makan yang tersimpan pada kantung di bawah tenggorokan, lalu keluar dari mulut mirip cairan susu.

Susu palsu milik merpati ini juga terdiri dari lemak, protein, dan nutrisi penting lainnya.

3. Fakta Burung Merpati Hewan  kuat

Fakta burung merpati merupakan hewan yang tangguh. Terbukti sejak dulu dimanfaatkan untuk antar pesan dan kini dijadikan hewan balap.  Burung merpati dapat terbang hingga kecepatan 110 km/jam, sangat cepat, didukung kekuatan otot dada.

4. Fakta Burung Merpati Cerdas

Fakta burung merpati berikutnya adalah hewan ini cerdas berdasarkan berbagai penelitian yang telah dilakukan.  Kemampuan berpikir burung merpati luar biasa. Diistilahkan dapat berperan menjadi "dokter". Sebab burung merpati bisa mengurai gambar medis, hingga dapat mengklasifikasi barang dengan cermat serta dapat mengenali wajah manusia.

5. Fakta Burung Merpati punya penting dalam perang dunia

Ketika perang dunia 1 dan perang dunia 2 pecah. Merpati dimanfaatkan untuk berkirim surat dan menjadi penolong nyawa banyak orang. Misalnya yang terjadi pada 4 oktober tahun 1918.

Seekor merpati namanya Cher Ami berhasil selesaikan misinya yang akhirnya dapat menyelamatkan sebanyak 194 tentara Amerika yang terlantar.  Tentara terlantar itu mengirimkan surat melalui merpati untuk meminta pertolongan dan akhirnya merpati dapat menyelesaikan misinya hingga ratusan tentara Amerika itu akhirnya tertolong.

Nah itulah tadi fakta burung merpati. Sekilas memang nampak biasa karena seringkali ada dimana mana. Namun setelah mengetahui lebih jauh mengenai burung ini, ada hal luar biasa yang dimilikinya dan tak dimiliki oleh spesies burung lainnya.