Manfaat Madu Untuk Bibir Bayi Tetap Lembap dan Sehat

Siapa yang tidak kenal madu? Selain rasa manisnya, madu juga diketahui bagus untuk bibir. Tak hanya pada orang dewasa, manfaat madu untuk bibir bayi pun sama baiknya. Nah, tahu apa saja manfaatnya itu?

Madu memiliki kandungan yang mampu menutrisi bibir bayi. Karena itu para orang tua biasanya mengoleskan sedikit madu pada bibirnya. Terutama jika bibir si kecil terlihat pecah-pecah dan kering agar tampak sehat kembali.

Untuk jelasnya, berikut ini beberapa manfaat mengoleskan madu pada bibir bayi:

  1. Melembapkan Bibir

Madu mengandung air yang cukup banyak. Kandungan air itu dapat membantu menghidrasi bibir. Jadi bibir bayi akan tampak menjadi lebih lembap dan sehat.

  1. Mengatasi Bibir Kering

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan bibir bayi kering. Contohnya cuaca yang terlalu ekstrem dan kurang bersihnya bibir bayi setelah minum ASI. Kandungan vitamin C dan B kompleks dalam madu dapat membantu atasi masalah ini.

  1. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Kondisi bibir pecah-pecah kadang diikuti dengan bibir berdarah. Ini tentu sangat tidak baik untuk kesehatan bibir bayi. Untuk itu, madu bisa rutin dioleskan untuk menutrisi bibir agar tidak pecah-pecah.

  1. Memerahkan dan Mencerahkan Warna Alami Bibir

Bibir bayi yang tampak hitam juga bisa diatasi dengan madu. Ya, mengoleskan madu pada bibir dapat bermanfaat memerahkan warna alaminya. Juga membuat bibir tampak lebih cerah dan merah merona.

Pemberian madu pada bibir bayi ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Maka dari itu untuk amannya, oleskan madu sedikit saja ketika bayi hendak tidur. Lalu ketika bayi terbangun, segera hapus madu agar tidak tertelan olehnya.