Sebagai Sarana Transportasi Perdagangan Kala Itu, Berikut Fakta Sejarah Sungai Musi

Menjadi sungai terpanjang yang ada di Kota Palembang, sungai tersebut dianggap sebagai denyut nadi perekonomian dan sebagai roda kehiduopan masyarakat Palembang kala itu. Tentu hal tersebut tidak bisa dipisahkan dari fakta sejarah yang ada. Karena selain menjadi tempat perdagangan, ada sejumlah fakta sejarah lainnya tentang sungai Musi. Berikut Informasinya!

Fakta Sejarah Sungai Terpanjang di Sumatera

  1. Sebagai Jalur Perdagangan

Sejak dahulu hingga sekarang, sungai tersebut dikenal sebagai tempat atau jalur perdagangan dari beberapa kota bahkan Negara lainnya. Selain menjadi sumber mata pencaharian, sungai tersebut juga menjadi jalur tranformasi menuju ke laut sebagai aktivitas pengiriman barang seperti kayu, batu bara, minyak, pasir, dan juga berbagai macam kebutuhan pokok lainnya.

  1. Sebagai Sungai Terpanjang di Sumatera

Dikenal sebagai sumber perekonomian masyarakat di Palembang, sungai tersebut juga memiliki fakta lain yaitu sebagai salah satu sungai terpanjang yang ada di Sumatera. Bahkan masuk ke dalam salah satu daftar sungai terpanjang yang ada di Indonesia dengan panjang kurang lebih mencapai 750 kilometer.

  1. Banyak Jembatan Penghubung

Karena memiliki panjang 750 km dan lebar yang cukup besar, tak hayal jika banyak bangunan jembatan penghubung di beberapa titik lokasi. Antara lain adalah, Jembatan Ampera, Jembatan  Musi I, Jembatan Musi II, Jembatan Musi IV, Jembatan Musi V, dan yang baru adalah Jembatan Musi VI.

Nah, itulah beberapa informasi fakta sejarah dari sungai tersebut. Selain menjadi sungai terpanjang di wilayah Sumatera, sungai tersebut juga memiliki banyak jembatan yang dibangun sebagai penghubung ke berbagai wilayah lainnya. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi Kita semua.