Wajib Tahu, Berikut Tips Memilih Pakaian Haji Untuk Wanita yang Benar dan Nyaman

Haji adalah hal yang banyak diinginkan oleh umat muslim. Sebelum pergi haji da beberapa langkah persiapan yang harus dilakukan agar pelaksanaan haji lebih khusyuk. Salah satunya adalah pakaian yang akan dikenakan. Berikut adalah beberapa Tips Memilih Pakaian Haji untuk wanita dengan cara yang benar dan nyaman. buttonscarves

3 Tips Memilih Pakaian Ihram Untuk Wanita

  1. Ukuran Standar

Berpakaian yang benar saat haji atau ihrom merupakan salah satu kewajiban. Sehingga jamaah haji biasanya sudah menggunakan pakaian ihram sebelum memasuki kota Makkah untuk kemudian menjalankan rangkaian ibadah haji. Sebelum memilih pakaian haji yang tepat, maka anda harus mengetahui tips dan cara memilihnya satu ini.

Tips yang pertama adalah dengan memilih ukuran standart yang tepat. Ukuran standart rata rata pakaian ihram adalah panjang 230 cm dan memiliki lebar 120 cm. Pakaian ihram wanita tidak memiliki banyak aturan seperti halnya pakaian ihram laki laki. Yang paling penting dari pakaian ihram wanita adalah yang bisa menutup aurat.

Sehingga pakaian ihram yang baik untuk wanita adalah yang tidak longgar dan ketat. Pakaian ihram yang baik adalah yang menutup bagian tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Model pakaian seperti gamis atau rok disarankan untuk digunakan daripada menggunakan celana yang mempunyai potongan yang lebar.

  1. Bahan pakaian

Selain ukuran pakaian ihram untuk wanita, Tips Memilih Pakaian Haji lainnya yang harus diperhatikan adalah bahan pakaian yang dipilih. Beberapa bahan pakaian yangdisarankan adalah yang berbahan spandex atau jersey. Hal ini karena kedua bahan tersebut tidak mudah kotor dan kusut bila digunakan untuk beribadah haji.

Bahan tersebut akan terasa lebih nyaman digunakan. Bahan kain tersebut juga bisa anda gunakan sebagai bahan kerudung juga. Saat berbadah haji sebaiknya menghindari bahan kerudung yang mengharuskan memakai banyak jarum. Hal ini tentu akan lebih merepotkan anda dan sebaiknya menggunakan hijab instan.

  1. Warna pakaian

Untuk warna pakaian ihram yang disarankan memang tidak ada aturan khusus. Selama melaksanakan ibadah haji pemilihan warna pakaian ihram tidak terlalu diatur. Namun kebanyakan orang lebih memilih warna warna netral seperti hitam atau putih dengan paduan kerudung instan yang praktis.

Hal ini juga akan membuat anda lebih fokus dalam melaksanakan ibadah haji karena tidak dipusingkan dengan warna pakaian ihram yang anda kenakan. Pakaian ihram untuk wanita juga disarankan agar memilih yang sederhana saja. Dari sisi warna yang maupun dari motif kain, hendaknya dipilih tidak mencolok.

Aturan Pakaian Ihram Untuk Wanita yang Harus Diperhatikan

  1. Menutup Aurat

Aurat untuk wanita adalah seluruh tubuhnya keculi bagian wajah dan juga telapak tangan. Sehingga bila anda sedang dan akan melakukan ibadah haji, akan diharuskan menggunakan pakaian yang menutup aurat dengan baik. Tips Memilih Pakaian Haji untuk wanita memang tidak mempunyai banyak aturan yang ketat.

Hanya saja kewajiban untuk menutup aurat wanita diharuskan. Pakaian ihram untuk wanita bisa anda gunakan seperti baju gamis atau baju panjang lainnya. Baju ihram ini tak hanya berfungsi menutup aurat saat melakukan ibadah, namun juga akan memberikan rasa nyaman untuk jamaah yang sedang melakukan ibadah.

  1. Lebar dan Longgar

Selain menutup aurat dengan baik, pakaian ihram yang disarankan untuk wanita adalah yang mempunyai ukuran lebar yang cukup. Sehingga bentuk tubuh wanita tidak terlihat. Bahan kain yang digunakan juga disarankan sedikit longgar sehingga tidak terlalu ketat saat memakainya atau tidak membentuk lekuk tubuh wanita.

Busana muslim syari yang longgar dengan kerudung yang menutupi setengah badan akan dianjurkan. Atau anda bisa menggunakan gamis yang longgar atau menggunakan rok lebar. Bahan yang dipilih sebagai pakaian ihram juga menentukan kelonggaran ihram bila digunakan. Anda bisa memilih bahan yang cenderung tidak membentuk tubuh.

  1. Sederhana

Walaupun hal ini cenderung sepele namun tidak boleh di abaikan. Tips Memilih Pakaian Haji ihram yang baik adalah yang tampak sederhana. Pakaian ihram yang terlihat terllau mencolok dengan pilihan warna atau motif yang beragam tidak disarankan. Hal ini ditakutkan akan mengganggu jalannya ibadah haji dan juga bisa menimbulkan rasa tinggi hati pada jamaah.

Menggunakan pakaian ihram yang polos dengan tak banyak motif akan disarankan untuk anda. Saat berada di tanah suci, memang tak penting untuk menggunakan baju mahal dengan berbagai pernak pernik. Fokus menjalai rangkaian ibadah haji adalah yang utama tanpa memikirkan hal hal keduniawian seperti motif pakaian.

  1. Warna Netral

Pada dasarnya aturan untuk pakaian ihram pada wanita tidak mempunyai banyak larangan. Bahkan tidak ada aturan yang mengatur bahwa wanita tidak boleh menggunakan pakaian dengan berbagai macam warna yang cantik. Namun memang disarankan untuk lebih mengedepankan kesederhanaan dalam melakukan ibadah haji.

Agar pakaian ihram tampak tidak mencolok dan mendapat kesan sederhana, maka disarankan untuk emmilih warna yang cocok dan tepat. Pilihan warna yang netral akan disarankan untuk dijadikan pilihan pakaian ihram haji anda. Warna warna netral yang gelap seperti hitam atau warna dasar seperti putih akan banyak digunakan.

  1. Menggunakan Kaus Kaki dan Khuf

Salah satu aurat wanita adalah telapak kaki. Sehingga Tips Memilih Pakaian Haji disarankan untuk menutupi bagian telapak kaki menggunakan kaus kaki atau khuf. Tak hanya menggunakan kaos kaki, namun anda juga bisa menggunakan sepatu atau alas kaki lainnya saat melakukan ibadah haji.

Sepatu yang dipilih hendaknya yang tidak menyulitkan anda dlaam melakukan perjalanan selama ibadah haji. Sepatu yang tidak mempunyai tumit atau hak akan sangat disarankan untuk digunakan. Sepatu berbahan karet yang nyaman lebih banyak dipilih jamaah yang akan melakukan ibadah haji karena nyaman digunakan.

Bahan kaos kaki yang bisa anda pilih adalah seperti bahan katun, spandex atau nylon yang nyaman dikenakan. Beberapa bahan tersebut akan lebih mudah dalam menyerap keringat daripada bahan stoking. Anda bisa menggunakan kaos kaki diatas mata kaki agar lebih nyaman digunakan saat beribadah.

  1. Hindari Cadar dan Kaus Tangan

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa “Janganlah wanita bercadar dan janganlah ia memakai sarung tangan (ketika berihram)”. Hal inilah yang menjadi dasar bahwa pakaian ihran wanita yang baik adalah yang tidak menggunakan cadar dan juga kaus tangan. Sehingga saat melakukan ibadah haji sebaiknya ditanggalkan.

Bila anda dalam kesehariannya menggunakan cadar atau kaus tangan, maka anda bisa menggantinya dengan kerudung saat berada di tanah suci. Kerudung dengan model dan motif yang sederhana lebih banyak dipilih karena faktor kenyamanan saat beribadah. Kerudung instan yang praktis juga sudah banyak digunakan saat ini.

  1. Jangan memakai perhiasan

Memakai perhiasan secara berlebihan saat beribadah haji memang sangat tidak disarankan. Selain akan membuat anda nyaman selama beribadah haji, Tips Memilih Pakaian Haji dengan memakai sedikit perhiasan akan membuat anda dijauhkan dari tindak kejahatan yang mungkin bisa terjadi saat anda melakukan ibadah di tanah suci.

Perhiasan sebaiknya tidak digunakan saat melaksanakan ibadah haji. Terlebih bila perhiasan yang anda gunakan terlalu mencolok dengan ukuran yang besar. Perhiasan sederhana yang bisa anda gunakan bisa seperti cincin kawin atau gelang sederhana. Namun bila digunakan berlebihan ditakutkan akan membuat anda tidak fokus dalam menjalankan ibadah.

Pilihan Kain yang Cocok Untuk Ihram

  1. Kain woolpeach

Banyak pilihan kain yang bisa dipakai untuk ihram. Pilihan kain tersebut akan membantu anda agar lebih terasa nyaman saat melakukan ibadah haji. Salah satu jenis kain yang disarankan adalah woolpeach. Jenis kain ini adalah yang paling banyak digunakan untuk bahan pakaian ihram baij untuk haji atau umroh.

Bahan woolpeach juga sudah banyak dijadikan bahan gamis yang cantik. Sehingga kain ini juga lebih dikenal dengan nama kain arab di Indonesia. Bahan kainnya cenderung lebih tipis dan ringan bila digunakan. Walaupun bahan kain woolpeach cenderung tipis namun bahan kain ini tidak transparan sama sekali dan nyaman digunakan.

  1. Kain supernova

Jenis kain yang bisa anda gunakan sebagai bahan ihram adalah kain supernova. Jenis kain satu ini memang mmepunyai tekstur yang hampir mirip dengan kain katun. Namun Tips Memilih Pakaian Haji bahan kain supernova ini terlihat lebih berkualitas dengan adanya campuran bahan sintetis polyester dan bahan katun.

Sehingga bila kain jenis ini digunakan sebagai pakaian ihram haji atau umroh, akan terada nyaman. Jenis kain supenova sangat mudah diatur sekaligus akan terasa dingin bila digunakan. Tentu hal ini menjadi faktor kenyamanan tersendiri untuk anda saat melaksanakan ibadah haji di tanah suci yang mempunyai suhu relatif panas.

  1. Kain satin silk

Kain satin silk memang merupakan baha kain yang terlihat mewah bila digunakan. Walaupun begitu bahan dasar satin silk tidak terlihat mencolok namun nyaman digunakan. Hal inilah yang menjadi pertimbangan banyak orang lebih memilih jenis bahan ini untuk pakaian ihram ibadah haji atau umroh.

Bahan kain satin silk cenderung nyaman namun juga terlihat elegan. Bila menggunakan bahan kain satu ini maka pakaian anda akan terlihat lebih jatuh saat dipakai. Pakaian akan lebih terasa dingin dan memudahkan anda untuk bergerak. Kain rekomendasi untuk pakaian haji wanita ini akan cocok untuk anda.

  1. Kain spandex

Kain jenis spandex sudah sangat populer digunakan dan paling banyak dipilih sebagai bahan pakaian ihram. Tak hanya untuk pakaian ihram haji dan umroh saja, baju berbahan spandex ini juga cocok digunakan untuk busana muslim dan juga sebagai hijab. Bahannya yang fleksibel mudah untuk digunakan dan akan membentuk badan dengan nyaman.

Bila menggunakan bahan spandex ini maka anda akan membutuhkan beberapa lapisan kain agar tidak terlihat transparan. Bahan spandex  juga mempunyai tekstur bahan yang dingin saat digunakan. Tips Memilih Pakaian Haji tersebut bisa anda gunakan untuk memilih bahan kain yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Beribadah haji menjadi impian banyak umat muslim di dunia. Banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Beberapa tipsa dan cara berpakaian haji diatas akan membantu anda dalam melakukan persiapan agar ibadah haji bisa lebih nyaman.